Skip to main content

Sinopsis Cerita Pendek (Cerpen) : Si Pemuja Rahasia



Hallo, Hai, anak Indonesia! Hallo sobat Cendekia!
Kembali lagi bersama saya Kardi Rahayu. Blok baru dengan kurikulum baru akan segera dimulai, bagaimana dengan persiapan kalian? Sudah siap untuk menerima bekal masa depan atau masih senang bermalas-malasan, terbawa suasana liburan, main game, dll? Come on guys, pelajarilah beberapa materi yang dapat mendukung proses belajar kalian. Ingat belajar tidak harus berlama-lama atau banyak, cukup sebentar saja walau sedikit asal kita bisa paham terhadap materi yang kita pelajari.
Let's try! Ayo baca dan pahami isi cerpen di bawah ini, lalu buatlah cerita kalian dengan versi kalian sendiri, ingat gunakan bahasa yang komunikatif ya kawan :) jangan terlalu banyak belajar bahasa gaul, ingat kita anak Indonesia, kita harus mencintai bahasa kita bahasa Indonesia!
Semangat!!!

SI PEMUJA RAHASIA
karya : Kardi Rahayu




Anjani, nama yang indah secantik parasnya. Di usianya yang masih cukup muda, dia sudah menjadi tulang punggung keluarga. Namun, dia tidak meninggalkan kuliahnya dan mampu mendapat prestasi yang membanggakan.
Hari itu Anjani pergi mengantarkan koran. Salah satu lemparan mengenai seseorang, sebut saja Bagas. Bagas sedikit menceramahi Anjani. Akibatnya, Anjani terlambat kuliah. Dia pun berlari dan akhirnya terjatuh. Namun ada seseorang yang membantunya, sebut saja Aji.
Malam itu Anjani pergi mengantarkan kue. Udara begitu dingin, Anjani tidak kuasa menahan, ia tidak sadarkan diri dan Aji segera menolongnya. Bagas merasa kecewa melihatnya karena ia sangat mencintai Anjani. Semenjak malam itu, hubungan Anjani dan Aji semakin dekat hingga menjadi sepasang kekasih. Sementara Bagas belum mengetahui hubungan antara Aji dan Anjani. Sampai pada suatu hari Bagas pergi ke rumah Anjani membawa setangkai bunga mawar. Saat itu, Aji memasangkan cincin di jari Anjani. Bagas merasa terpukul, ia pergi meninggalkan bunga itu. Bagas berusaha merelakan Anjani dan hanya menjadi pemuja rahasianya.
Di tengah teriknya matahari Bagas melihat Anjani berjalan sendiri berjualan es lilin. Anjani lemas dan pucat, Anjani pun terjatuh. Bagas segera membawanya ke rumah sakit. Dokter menyampaikan kepada Bagas bahwa Anjani memerlukan donor hati. Bagas menghubungi Aji dan mencari alamatnya, namun tidak bisa ditemukan. Sampai pada suatu malam, Bagas mengalami kecelakaan dan kebetulan penabraknya Aji. Setelah dibawa ke rumah sakit dan diperiksa, Bagas terancam buta dan lumpuh. Tulang rusuknya beberapa telah patah, membuatnya susah bernapas. Bagas segera memanggil Aji. Bagas ingin mendonorkan hatinya untuk Anjani dan menitipkan sepucuk surat untuk Anjani. Operasi pun dilakukan dan berjalan sukses.
Setelah Anjani sadar, Aji mengatakan bahwa Anjani telah dioperasi untuk cangkok hati dan itu semua berkat pemuja rahasianya. Kemudian Aji menyerahkan surat terakhir dari Bagas. Anjani membuka surat itu dan membacanya, ia pun menangis.
Setelah Anjani keluar dari rumah sakit, ia dan Aji mengunjungi makam Bagas. Anjani menghiasi makam Bagas dengan bunga yang pernah Bagas berikan padanya. Anjani berjanji akan menjadi gadis yang setia dan selalu menjaga hati yang telah Bagas berikan. Hati yang bukan hanya perasaan namun kehidupan baru untuknya. Anjani dan Aji pun meninggalkan makam Bagas. Akhirnya Anjani dan Aji menjadi pasangan yang bahagia untuk selamanya.

Bagaimana ceritanya sobat? Menarik bukan? Ingin membuat ceritamu menjadi menarik? Jadikanlah cerita ini sebagai referensi untuk membuat ceritamu. Jadilah pengarang yang baik, jangan sekadar menjiplak cerita, tapi buatlah cerita itu dengan gayamu/gagasanmu sendiri, karena itu akan membuat ceritamu lebih menarik dari jiplakan.
Ayo coba :)

Comments

Popular posts from this blog

NASKAH DRAMA KOMEDI BAHASA INDONESIA (4 ORANG)

Hallo teman, selamat datang di blog saya! :) Kali ini saya nge-post satu contoh drama yang agak klasik. Dijamin kalian suka deh..! Oh..ya, kenalin saya Kardi. Dalam cerita ini saya berperan menjadi orang kaya baru yang perawakannya lucu dan agak deso gitu :D Sebelumnya yang lagi baca, tau gak sih, apa itu DRAMA? Menurut pandangan saya Drama itu adalah suatu seni hiburan yang didalam pementasannya atau isi ceritanya terdapat makna atau pesan moral berharga bagi para penontonnya. Drama itu juga bisa dikatakan sebagai suatu seni hiburan yang dipentaskan oleh beberapa orang yang memiliki karakter sendiri/berbeda baik itu sebagai tokoh yang protagonis (baik), antagonis (jahat), maupun tritagonis (penengah/pembantu). Nah, sekarang menurut kamu apa itu DRAMA? Kalian bisa tulis jawaban kalian di kolom komentar. Ya udah. Langsung aja sekarang, silahkan baca naskah drama yang dimainkan oleh 4 orang dibawah.  Semoga bermanfaat. Jangan lupa like, coment or share ya!

Fakta Menghadapi Virus Corona (2019-nCoV atau COVID-19)

Tentu seluruh pembaca cendekia sudah tahu mengenai kabar mengejutkan virus Corona yang telah memasuki tanah air kita ini. Namun perlu kalian ketahui beberapa fakta untuk menghadapi virus Corona yang membandel ini. Banyak pertanyaan dan spekulasi yang muncul terkait penularan dan pencegahan virus ini, bahkan terkesan berlebihan. Lantas bagaimana saran dari lembaga kesehatan terkait isu ini? Mari kita simak beberapa fakta yang perlu kita ketahui untuk menghadapi virus Corona! Mohon disimak dengan baik dan fokus, karena ada beberapa poin yang menjadi catatan, jangan sampai kelewatan ya! Pembaca cendekia tetap perlu membaca informasi terbaru tentang wabah COVID-19, tersedia di situs web WHO (who.int) ya! Sebelumnya perlu diketahui virus corona adalah keluarga besar virus yang dapat menyebabkan penyakit pada hewan atau manusia. Beberapa virus corona pada manusia diketahui menyebabkan infeksi pernafasan mulai dari flu biasa hingga penyakit yang lebih parah seperti Midd

Study English : REPORT TEXT

A.     Pengertian Report Text dan Contohnya Report text adalah salah jenis genre of text yang masuk kategori descriptive. Definisi report text itu sendiri adalah sebuah genre atau jenis teks yang berusaha menggambarkan sesuatu seperti benda, manusia, tumbuhan, hewan dan lain sebagainya yang masih sangat umum. Jadi tidak fokus pada satu benda melainkan semua benda yang masuk dalam satu kategori. Misalnya kita sedang membicarakan gajah, maka kita akan membahas sifat, bentuk, karakter gajah pada umumnya. B.      Perbedaan Report Text dan Descriptive Text Cara membedakan report text dan descriptive text yang paling mudah adalah dengan melihat apakah sesuatu yang digambarkan tersebut umum atau khusus . Jika sesuatu tersebut adalah umum, maka jenis textnya adalah report. Tetapi jika khusus, maka jenis textnya adalah descriptive. Misal, pada penjelasan descriptive text saya memberi contoh tentang Candi Borobudur. Di dalamnya menjelaskan bagaimana b