Skip to main content

Jenis-jenis Komputer berdasarkan Bentuk dan Ukurannya

Berikut beberapa informasi mengenai jenis-jenis komputer beserta gambar dan penjelasannya:
1.      Portable
 

Komputer portabel adalah sebuah komputer yang ukuran fisiknya sedikit lebih kecil dari komputer desktop dan tower. Seluruh bagian-bagiannya dijadikan satu agar mudah dibawa kemana-mana. Jenis komputer ini diciptakan untuk memudahkan seseorang yang sering bekerja berpindah-pindah atau dilapangan, misalnya insinyur(sarjana sains), peneliti, dan sebagainya yang bertugas menyelesaikan suatu tempat tertentu atau peneliti yang mengumpulkan data dilokasi yang jauh dari kantornya. Secara bebas portable artinya mudah dibawa-bawa, dan ini sudah termasuk layar dan keyboard. Komputer portabel, menurut sifatnya, umumnya mikrokomputer .
Komputer portabel, karena ukuran mereka, yang juga dikenal sebagai 'kotak makanan' atau 'luggable' komputer.Mereka juga dapat disebut sebagai 'Workstation Portabel' atau 'PC portable'.
Keuntungan utama dari sebuah komputer portabel dibandingkan dengan laptop atau komputer mobile adalah penggunaan standar motherboard atau backplane menyediakan plug-in slot untuk kartu add-in. 
Hal ini memungkinkan misi kartu tertentu seperti tes, A / D, atau protokol komunikasi (IEEE-488, 1553) yang akan diinstal. Komputer portabel juga menyediakan untuk penyimpanan disk dengan menggunakan standar 3-1/2" drive dan menyediakan beberapa drive. Komputer ini kurang populer karena relatif besar dan berat.
2.      Desktop

Desktop adalah gabungan dari dua kata, yaitu desk dan top. desk artinya meja dan top berarti diatas. jadi desktop adalah di atas meja, karena itu desktop bisa dimaknai sebagai komputer yang ada di atas meja.
Komputer meja (bahasa Inggris: desktop computer atau cukup desktop saja) adalah komputer pribadi yang ditujukan untuk penggunaan secara umum di satu lokasi yang berlawanan dengan komputer jinjing atau komputer portabel. Periferal-periferal komputer meja seperti tampilan komputer, CPU, dan papan ketik terpisah satu sama lain dan relatif berukuran besar (juga berlawanan dengan periferal pada komputer jinjing yang terintegrasi dan berukuran kecil). Komputer meja merupakan komputer yang paling terjangkau dan paling umum digunakan. Namun seiring berkembangnya teknologi komputer desktop ini sudah dikatakan ketinggalan jaman, karena kurang praktis. Komputer Desktop (komputer meja) adalah komputer yang ukurannya sedikit lebih kecil dari Tower, tetapi biasanya diletakkan diatas meja. Komputer ini dulunnya paling banyak dipakai karena harganya yang lebih murah bila dibandingkan dengan bentuk yang lain. Komputer yang kita pakai atau difasilitasi oleh sekolah sekarang ini adalah jenis desktop.
Komputer desktop kembali dikembangkan bentuk komputer desktop yang semakin tipis yang dikenal dengan bentuk desktop slim. Bentuk desktop ini bisanya dilengkapi dengan banyak ruang yang disebut expantion slot sebagai tempat untuk card tambahan.
Desktop PC atau computer desktop juga dikatakan perangkat komputer yang terdiri dari CPU (Central Processing Unit), monitor dan perangkat lainnya. Desktop PC sering kita jumpai diperkantoran, kampus, warnet maupun rumah. Pada komputer Desktop, terdapat 2 macam monitor yang sering di padukan dengan CPU, yaitu monitor CRT dan monitor LCD. Desktop PC mudah dikenali karena CPU dan monitornya terpisah.
3.      Palmtop


Sebuah komputer Palmtop adalah sebuah komputer sangat kecil yang bisa Anda simpan di satu tangan dan memanipulasi dengan yang lain. Ini jenis komputer memiliki keyboard khusus atau keypad untuk memasukkan data, atau keyboard QWERTY kecil.
Nama lain untuk palmtop adalah komputer genggam, komputer saku dan PDA. Fitur utama dari komputer ini adalah bahwa mereka kecil, ringan, menarik daya dari baterai dan dimaksudkan untuk penggunaan umum. Masukan mereka termasuk keyboard mesin tik dan output terdiri dari display, LCD kecil penuh warna.
Palmtop memiliki pengolah kata, program spreadsheet, kalender dan buku telepon. Karakteristik penting adalah bahwa sistem operasi kompatibel dengan yang PC. Berbagai program dapat diinstal dan dijalankan dan data dapat ditransfer ke dan dari komputer desktop. Berbeda dengan asisten digital pribadi, ia memiliki memori lebih, keyboard dan program yang tersedia banyak. Handheld komputer biasanya tidak memiliki disk drive karena ukurannya yang kecil mereka. Mereka memiliki slot PCMCIA dimana disk drive, modem, memori atau perangkat lain bisa dimasukkan ke dalam.
Palmtop yang tidak menggunakan keyboard tetapi pena disebut PDA atau komputer genggam. Baru-baru ini serikat didirikan antara perusahaan software pengembangan Rochester dan pemasok California hardware nirkabel. Tujuannya adalah untuk melepaskan sambungan LAN nirkabel pertama antara palmtop dan basis data sistem perusahaan. Hal ini memungkinkan palmtop untuk menjalankan fungsi yang sama seperti laptop dan memiliki akses ke informasi yang disimpan secara elektronik. Salah satu penggunaan yang paling umum dan signifikan palmtop adalah dengan aparat keamanan. Tidak seperti sebelumnya, ketika mereka harus menulis rencana mereka di atas kertas, militan saat ini menggunakan palmtop mana mereka menyimpan informasi tentang operasi mereka, lokasi dan rincian penting lainnya. Saat mereka mengakui, mereka tetap jumlah besar data dalam komputer kecil.
Seperti penelitian di kalangan siswa telah menunjukkan, salah satu manfaat terbaik dari palmtop adalah built-in program Database. Hal ini digunakan untuk menyimpan informasi tentang proyek yang berbeda dan tugas sehari-hari juga. Data tersebut mudah ditemukan di dalamnya dan tidak pernah tersesat.
Hampir semua perangkat PDA tidak operasional dengan keyboard seperti komputer palmtop. Sebagai alternatif, mereka menggunakan pena berdasarkan dan mengandalkan pada perangkat keras tertentu yang akrab dengan input tulisan tangan.
Sejumlah komputer palmtop juga dapat menggabungkan sebuah keyboard layar digunakan untuk aksesibilitas yang lebih baik.
Dengan berkembangnya teknologi nano komputer dan IC, maka ukuran laptop juga semakin kecil. Bahkan ukurannya sebesar telapak tangan (palm). Sehingga dijuluki palmtop. Dengan bentuk menyerupai Handpohne, sehingga lebih praktis dan mudah dibawa kemana-mana untuk berinternet dan kebutuhan mengirim serta menerima email.
Komputer ini juga sering disebut handheld computer. Komputer ini tidak memerlukan aliran listrik, melainkan baterai kecil biasa (ukuran AA). Kelemahan dari komputer ini adalah layarnya yang terlalu kecil dan keyboardnya sedikit lebih kecil dari ukuran standar, sehingga menyulitkan pemakai.
Palmtop adalah perangkat terkecil yang bisa memberikan Anda pengalaman komputasi penuh. Sebagian besar palmtop ditenagai oleh Windows CE, tapi ada juga plamtop yang bisa menjalankan Windows XP.
Dengan munculnya smartphone, komputer Palmtop menjadi barang yang langka karena tidak diproduksi lagi (meskipun demikian Anda mungkin bisa membelinya dari beberapa di toko barang second di Jepang). Perangkat ini memiliki layar dengan ukuran sekitar 6-7 inci.


4.      Tower
   

Komputer Tower (komputer menara) adalah komputer yang biasanya diletakkan disamping atau dibawah meja, karena ukurannya yang relatif besar, sehingga memenuhi meja. Komputer ini biasanya banyak memiliki ruang didalamnya dan banyak memiliki expansionslot (tempat untuk memasang card tambahan), sehingga bisa ditambahkan dengan berbagai perangkat tambahan.
Komputer tower, ukuran fisiknya relatif lebih besar dibandingkan dengan komputer jenis desktop, cocok untuk diletakkan di samping atau di atas meja. Memiliki ruang untuk expantion slot lebih banyak.
5.      Notebook

Setelah populernya istilah laptop, lalu lahirlah laptop dengan ukuran yang lebih tipis. Ketebalannya mirip dengan buku kecil (note) sehingga keluarlah istilah notebook.  Bentuknya hampir sama dengan laptop.
Notebook adalah komputer yang ukurannya relatif sebesar buku catatan, dimana sekarang banyak dipakai pelajar, mahasiswa, dosen, pengusaha, peneliti, dan sebagainya. Notebook mempunyai ukuran yang hampir sama atau mirip dengan kertas kuarto,yaitu 8 ½ x 11 inci, tebalnya berkisar 1 hingga 1 ½ inci dan beratnya antara 4 sampai 6 kg.
Perbedaan antara laptop dan notebook saat ini terutama pada produsen yang memilih untuk panggilan produknya. Secara teknis dan tradisional, perbedaan antara keduanya adalah masalah ukuran.
Keunggulan dari Notebook adalah sifatnya yang mudah dibawa (mobile). Sebagian Notebook juga memiliki kemampuan yang tinggi, sehingga menjadi pengganti desktop PC yang bisa diandalkan. Notebook mempunyai harga yang relatif lebih tinggi dari pada komputer Desktop dan memiliki keterbatasan jumlah maksimal perangkat yang bisa ditambahkan. Sebagai contoh, desktop PC dapat memuat hingga 3 keping memori (RAM, Random Access Memory) namun sebagian besar laptop hanya menyediakan 1 atau paling banyak 2 buah slot untuk memory. Namun ada pula keluaran notebook terbaru lainnya yang harganya murah dan kualitasnya pun cukup baik.
6.      Handbook (Subnotebook)

Subnotebook adalah notebook yang ukurannya lebih kecil dari notebook pada umumnya. Ukuran notebook umumnya 14-15 inch. Subnotebook kisaran layarnya antara 10-13 inch. Atau sebesar kertas kwarto, tebal kira-kira 5 cm, dan masih terus dikembangkan untuk mengecilkan ukurannya. Bentuk gambarnya mirip dengan Netbook. Subnotebook dapat dikatakan pula merupakan komputer yang ukurannya ada diantara komputer notebook dan palmtop. Ukuran komputer ini sedikit lebih kecil dari notebook karena ada sebagian perangkat yang tidak dipasang, biasanya disk drive. Dapat dikatakan bahwa subnotebook adalah notebook mini. Subnotebook masih menggunakan standar mikroprosesor mobile sama seperti yang digunakan oleh notebook-notebook umumnya. Contoh subnotebook yang telah beredar di pasaran adalah Asus Eee PC, Classmate PC, HP MiniNote, dan Sony Vaio. Kelemahan utama subnotebook terletak pada kebutuhan dayanya yang dirasakan masih cukup besar, serta timbulnya panas yang berlebihan yang dikeluarkan oleh prosesor saat sedang aktif bekerja. Subnotebook dapat menjadi lebih bagus bila menggunakan mikroprosesor, chipset, media simpan/storage dan komponen-komponen lainnya yang hemat energi.
Adapula processor pada subnotebook umumnya berkelas kecepatan rendah, sedangkan memory kecil dan kapasitas harddisk rendah. Hal ini disengaja untuk menghemat tenaga baterai yang berukuran kecil. Perbedaan utama antara notebook dengan subnotebook adalah tidak adanya optical Drive (CD/DVD Writer) pada subnotebook, dikarenakan ukuran yang kecil tidak memungkinkan penempatan optical drive. Untuk dapat menggunakan optical drive, pemakai subnotebook mempunyai opsi menggunakan external optical drive. Ukuran subnotebook memang kecil, tetapi dibuat bukan dengan me-miniaturisasi teknologi notebook. Subnotebook dibuat dengan memotong sebagian kapasitas notebook. Tetapi karena faktor pemasaran, subnotebook umumnya berharga sangat mahal, yaitu diatas USD 2000. Beberapa contoh produsen subnotebook adalah Fujitsu, Sony dan Toshiba. Hanya para top eksekutif yang mempunyainya, karena itu sub notebook menjadi eksklusif.

7.      Laptop
Laptop juga berasal dari dua kata; Lap dan Top, Lap berarti pangkuan, sedangkan Top berarti diatas. sehingga laptop dapat diartikan sebagai komputer yang ada dipangkuan kita. Tentunya penyebutan ini mengacu pada pemakaian laptop yang biasa kita gunakan dengan memangkunya. Laptop juga dapat dikatakan sebagai komputer yang bentuknya ringkas dan portable (mudah dibawa kemana-mana). CPU, monitor dan keyboard menyatu menyerupai sebuah buku dengan kata lain semua komponennya dibuat menyatu. Yang penggunaannya dibuka terlebih dahulu.
Namun karena memangku laptop terlalu lama dapat menyebabkan panas yg berlebih dan dapat membahayakan kesehatan. Masyarakat lebih sering meletakkan laptop diatas meja (kecuali kondisi tanpa meja), maka hal tersebut menjadi tidak relevan.
Berdasarkan perkembangan waktu pula, ukuran laptop menjadi semakin kecil menyerupai ukuran buku tulis yang bisa dilipat, maka penggunaan kata laptop sering digantikan dengan sebutan notebook. Kesimpulannya, penggunaan kata laptop atau notebook sebenarnya merujuk kepada benda yang sama.
Sumber : 



Drs. Suyanto, MM., —–, —–, 199-


Wayan Ordiyasa, S.Kom, Diktat: Pengantar Aplikasi Komputer, STIE Kerjasama Jogjakarta

Comments

  1. baru mulai belajar ng blog y kardi?
    kunjungi
    www.cahyadiblogsan.blogspot.com

    ReplyDelete
  2. Baru belajar udah lumayan keren! (y)

    ReplyDelete

Post a Comment

Saya mengharapkan kritik dan saran Anda demi kesempurnaan blog ini dan agar dapat dipergunakan sebagai referensi/pengetahuan tambahan sebagaimana mestinya.
Terima kasih.

Popular posts from this blog

NASKAH DRAMA KOMEDI BAHASA INDONESIA (4 ORANG)

Hallo teman, selamat datang di blog saya! :) Kali ini saya nge-post satu contoh drama yang agak klasik. Dijamin kalian suka deh..! Oh..ya, kenalin saya Kardi. Dalam cerita ini saya berperan menjadi orang kaya baru yang perawakannya lucu dan agak deso gitu :D Sebelumnya yang lagi baca, tau gak sih, apa itu DRAMA? Menurut pandangan saya Drama itu adalah suatu seni hiburan yang didalam pementasannya atau isi ceritanya terdapat makna atau pesan moral berharga bagi para penontonnya. Drama itu juga bisa dikatakan sebagai suatu seni hiburan yang dipentaskan oleh beberapa orang yang memiliki karakter sendiri/berbeda baik itu sebagai tokoh yang protagonis (baik), antagonis (jahat), maupun tritagonis (penengah/pembantu). Nah, sekarang menurut kamu apa itu DRAMA? Kalian bisa tulis jawaban kalian di kolom komentar. Ya udah. Langsung aja sekarang, silahkan baca naskah drama yang dimainkan oleh 4 orang dibawah.  Semoga bermanfaat. Jangan lupa like, coment or share ya!

Fakta Menghadapi Virus Corona (2019-nCoV atau COVID-19)

Tentu seluruh pembaca cendekia sudah tahu mengenai kabar mengejutkan virus Corona yang telah memasuki tanah air kita ini. Namun perlu kalian ketahui beberapa fakta untuk menghadapi virus Corona yang membandel ini. Banyak pertanyaan dan spekulasi yang muncul terkait penularan dan pencegahan virus ini, bahkan terkesan berlebihan. Lantas bagaimana saran dari lembaga kesehatan terkait isu ini? Mari kita simak beberapa fakta yang perlu kita ketahui untuk menghadapi virus Corona! Mohon disimak dengan baik dan fokus, karena ada beberapa poin yang menjadi catatan, jangan sampai kelewatan ya! Pembaca cendekia tetap perlu membaca informasi terbaru tentang wabah COVID-19, tersedia di situs web WHO (who.int) ya! Sebelumnya perlu diketahui virus corona adalah keluarga besar virus yang dapat menyebabkan penyakit pada hewan atau manusia. Beberapa virus corona pada manusia diketahui menyebabkan infeksi pernafasan mulai dari flu biasa hingga penyakit yang lebih parah seperti Midd

Study English : REPORT TEXT

A.     Pengertian Report Text dan Contohnya Report text adalah salah jenis genre of text yang masuk kategori descriptive. Definisi report text itu sendiri adalah sebuah genre atau jenis teks yang berusaha menggambarkan sesuatu seperti benda, manusia, tumbuhan, hewan dan lain sebagainya yang masih sangat umum. Jadi tidak fokus pada satu benda melainkan semua benda yang masuk dalam satu kategori. Misalnya kita sedang membicarakan gajah, maka kita akan membahas sifat, bentuk, karakter gajah pada umumnya. B.      Perbedaan Report Text dan Descriptive Text Cara membedakan report text dan descriptive text yang paling mudah adalah dengan melihat apakah sesuatu yang digambarkan tersebut umum atau khusus . Jika sesuatu tersebut adalah umum, maka jenis textnya adalah report. Tetapi jika khusus, maka jenis textnya adalah descriptive. Misal, pada penjelasan descriptive text saya memberi contoh tentang Candi Borobudur. Di dalamnya menjelaskan bagaimana b